Sunday, November 2, 2008

Templates menarik bagi pengguna blogspot

Pada pembuatan blog dengan www.blogger.com, terdapat 16 desain templates dengan variasi mencapai 38 tampilan. Karena jumlah desain yang terbatas dan sudah umum digunakan, kemungkinan juga muncul keinginan untuk melakukan penyegaran tampilan dengan mencari variasi di luar koleksi yang telah disediakan.

Pada Blogspot versi lama untuk menyusun tampilan, kode-kode yang digunakan adalah kode-kode HTML, sedangkan pada Blogspot versi baru (yang daftar buat blog di blogger.com sejak 19 Desember 2007 akan otomatis terdaftar dalam blogger versi baru ini), XML merupakan bahasa yang digunakan untuk menyusun tampilan. Para programmer umumnya memahami perbedaan tersebut. Namun bagi yang bukan programmer, istilah-istilah tersebut dapat dipakai sebagai wawasan saja, karena tersedia desain blog yang gratis dan tidak memerlukan pemahaman akan pemrograman web.

Bagaimana caranya ?
Kalian pengguna Blogspot versi baru disediakan antara lain oleh :
- http://www.finalsense.com
- http://www.blogger-templates.blogspot.com.
- http://www.isnaini.com/blogger-templates
- http://www.pyzam.com/bloggertemplates
Sebagai contoh bukalah situs http://www.finalsense.com/services/blog_templates.
Pilihlah salah satu dari koleksi desain yang ada. Kalian dapat memilihnya berdasarkan kelompok kategori yaitu 3-Column, Animals, Architecture, Art, Cars,Computers, Game, General, Music and Dance, Nature, Simple and Classics dan lain-lain.
Carilah yang menggunakan kode-kode XML yang digunakan untuk menyusun tampilan desain.
Copy semua kode, dengan menngunakan Ctrl+C.
Selanjutnya buka blog kalian, buka bagian template, klik pada edit HTML, hapus semua kode lama dengan tombol Del. Selanjutnya masukkan (Ctrl+V) untuk menyalin kode-kode baru, ke kotak isian.
Klik Save untuk menyetujui perubahan template.
Sekarang Anda memiliki blog dengan tampilan yang baru.

1 comment:

ujian nasional said...

Terima kasih infonya Bu, sangat informatif keep good jobs!